1/31/2014

Grammy Awards 2014: Special Moments in A Flash


Pesta besar insan musik dunia, The 56th Grammy Awards 2014 digelar di Los Angeles Staples Centre, Minggu 26 Januari kemarin. Acara yang dipandu oleh rapper/aktor LL Cool J tersebut dipenuhi oleh momen penting dan mengharukan untuk sejarah musik dunia.

"And The Winners are..."
Dimulai dari siapa pemenang award paling bergengsi di Grammy Awards, Record of The Year, Song of The Year dan Album of The Year. Untuk Urbanesian yang belum tahu bedanya Award Record of The Year dan Song of The Year, sebenarnya kedua award tersebut sama-sama diperuntukkan untuk menghormati prestasi artistik, kemampuan teknis, dan keunggulan secara keseluruhan dalam industri rekaman, tanpa memperhatikan penjualan album atau posisi di chart tangga lagu. Bedanya, Record of The Year diberikan kepada si penyanyi dan tim produksi dari lagu, sedangkan Song of the Year diberikan kepada si pencipta lagu. Album of The Year disebut sebagai “The most prestigious and final award category at the Grammys”, award ini diberikan kepada si penyanyi utama dan penyanyi yang diajak berkolaborasi, produser, engineer/mixer, sampai master engineer.

Daft Punk dengan Random Access Memories memenangkan Album of The Year dan lagu “Get Lucky”-nya memenangkan Record of The Year. Duo Perancis berhelm ini telah menjadi kolaborasi musik elektronik paling sukses sepanjang masa. Selain dua award tersebut, mereka juga membawa pulang penghargaan Best Dance/Electronica Album dan Best Pop Duo/Group Performance. Ini adalah kedua kalinya mereka memenangkan Grammy Awards setelah sebelumnya pada tahun 2009 mereka berhasil memenangkan dua Grammy.

Sementara itu, Song of The Year dimenangkan oleh Lorde dengan lagunya “Royals”. Perempuan bernama asli Ella Maria Lani Yelich-O'Connor ini merupakan pendatang baru berusia 17 tahun. Lagu “Royals” merupakan single pertama dari debut Extended Play-nya pada tahun 2012, sedangkan album perdananya yang berjudul Pure Heroine baru dirilis September 2013 kemarin. Kemenangannya memang tidak diduga-duga, melihat saingannya adalah Pink, Bruno Mars, dan Katy Perry, tidak aneh ketika mendengar namanya disebut dia terlihat shock.

The Performances
Berlanjut ke penampilan para musisi. Yang paling ditunggu adalah penampilan Daft Punk bersama Nile Rodgers, Pharrell, dan Stevie Wonder membawakan lagu “Get Lucky”. Hampir seluruh hadirin serentak berdiri dan berjoget selama lagu tersebut dibawakan dengan khas oleh Pharrell dengan sedikit sentuhan dari Stevie Wonder. Bahkan musisi senior seperti Steve Tyler, Paul McCartney, dan Yoko Ono terlihat asik nge-dance membuat arena Staples Centre sejenak berubah menjadi dance floor.

Setelah banyak spekulasi mengenai siapakah Guest Star yang akan menemani penampilan Sir Paul McCartney di Grammy 2014, akhirnya pada Minggu malam kemarin terjawab sudah. Momen besar tersebut diumumkan oleh aktris sekelas Julia Roberts, “Today he is taking two new Grammy awards home and right now he is going to play us a fabolous new song. Ladies and Gentlement Sir Paul Mcartney with a little help from his friend, Ringgo Starr." Membawakan lagu “Queenie Eye”, Sir Paul dengan piano dan Ringgo dengan drumnya mengingatkan kembali dengan formasi The Beatles.

The Special Moment
Puncaknya adalah penampilan dari Macklemore & Ryan Lewis, Mary Lambert dan Madonna. Duo rap Macklemore-Ryan Lewis dan Mary Lambert tampil pertama dengan memabawakan anthem gay rights mereka, “Same Love”, yang dinominasikan untuk Song of The Year Award.

Belum selesai sampai di situ, di tengah lagu, Queen Latifah muncul sambil berkata, “We are gathered here to celebrate love and harmony in every key and every color, As I look out on this audience I’m delighted to see the faces of thirty-three couples who’ve chosen this moment to celebrate their vows here with us in Los Angeles, and everyone watching around the world as witnesses. It is my distinct honor to now ask our participants to exchange rings." Kemudian sebanyak 33 pasangan lesbian, Gay, dan heteroseksual yang berbaris di depan panggung saling memasangkan cincin ke jari pasangannya masing-masing.

Yes! Pasangan-pasangan beruntung tersebut resmi menikah di acara Grammy Awards dipimpin oleh Queen Latifah sebagai commissioner. Sontak ruangan dipenuhi dengan tangis haru bahagia. “Do you each declare that you take each other as spouses? By The Power vested in me by the state of California, I now pronounce you a married couple”, ucap Queen Latifah. Selain itu, Madonna pun tampil membawakan lagu “Open Your Heart”.
Itulah beberapa momen menarik dari The 56th Grammy Awards 2014 kemarin. Selamat buat penggemar berat Daft Punk, they win BIG! Kalau ada yang bertanya-tanya kenapa Miley Cyrus tidak kedengaran kehebohannya di Grammy Awards atau bahkan masuk nominasi, hmm… sama, saya juga! Rupanya Miley memang memilih tidak menghadiri ajang Grammy (kabarnya ia lebih memilih bermain Guitar Hero). Selain Miley Cyrus, ada beberapa musisi yang absen datang, di antaranya adalah Lady Gaga, Justin Timberlake, dan Rihanna.

source:
https://notes.urbanesia.com/l/grammy-awards-2014-special-moments-in-a-flash/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar