6/12/2016

The Lost Hero


Detail Buku
Judul Buku    : The Lost Hero
Seri               : The Heroes of Olympus
Seri Ke          : 1(Satu)
Penulis          : Richard Russel “Rick” Riordian, Jr.
Bahasa          : Indonesia
Penerjemah   : Reni Indardini
Genre            : Fantasi, legenda, mitologi, fiksi
Penerbit         : Noura Books (Mizan F)
Tanggal terbit : 2012
Halaman          : 562 halaman
ISBN                : 978-979-433-653-3

Penulis
Rick Riordan adalah # 1 New York Times penulis buku laris lebih dari dua puluh novel untuk pembaca muda, termasuk seri Percy Jackson, yang Kane Chronicles, seri Magnus Chase dan Ujian Apollo. Dia juga penulis dari Tres Navarre seri misteri pemenang multi-penghargaan untuk orang dewasa.
Selama lima belas tahun, Rick mengajar bahasa Inggris dan sejarah di sekolah menengah negeri dan swasta di San Francisco Bay Area dan Texas.Mengajar di San Antonio, Saint Mary Hall menghormatinya dengan Guru pertama sekolah Guru Award.
Sementara mengajar penuh waktu, Riordan mulai menulis novel misteri untuk orang dewasa. seri Tres Navarre nya pergi untuk memenangkan tiga penghargaan nasional dalam genre misteri - Edgar, Anthony dan Shamus.Riordan berbalik fiksi anak-anak ketika ia mulai The Lightning Thief sebagai cerita pengantar tidur untuk anak sulungnya.
Hari ini lebih dari lima puluh juta eksemplar buku-bukunya yang di cetak di Amerika Serikat, dan hak-hak telah dijual ke lebih dari 37 negara.
Rick Riordan sekarang menulis penuh waktu. Dia tinggal di Boston dengan istri dan dua anak.

Sinopsis
Tujuh Demigod akan menjawab panggilan karena badai atau api dunia akan terjungkal—
Tiga Demigod baru bergabung di perkemahan Blasteran. Jason yang tidak bisa mengingat jati dirinya, Piper yang penuh misteri, dan Leo dengan kemampuan mekaniknya yang luar biasa. Bersama-sama, ketiganya mengemban sebuah misi penyelamatan.
Misi yang juga akan mengungkap sebuah rahasia besar mereka di masa lalu.
Singkat cerita, ditengah serangan petir dan badai monster Dylan, Jason merogoh koin emas yang sedari tadi ada disaku celananya, melemparkan koin itu ke udara dan seketika berubah menjadi pedang emas beralirkan listrik dan berhasil mengalahkan Dylan. Namun Piper terlanjur jatuh ke jurang. Dikuasai insting, Jason langsung melompat menyusul Piper dan menyadari bahwa dirinya mampu mengendalikan udara –terbang-. Sayang, pelatih mereka diculik salah satu roh badai.
Usai peristiwa tersebut, mereka membahas apa yang baru saja dikatakan oleh monster itu –istilahDemigod– namun terhenti karena kedatangan kereta kencana terbang yang mengantarkan mereka ke Perkemahan blasteran.
Perjalanan dilanjutkan, masih dihantui mimpi-mimpi setiap malamnya, Jason terus bermimpi tentang Hera, yang mencoba mengungkapkan dimana lokasinya dan untuk apa ia perlu segera diselamatkan sebelum titik balik musim dingin -3 hari lagi. Leo kali ini bermimpi tentang wanita tanah yang mengancam nyawa ibunya pada malam kebakaran itu. Piper terus dihantui oleh mimpi raksasa yang menyuruhnya mengkhianati teman-temannya demi sang ayah yang ternyata benar telah diculik.
setelah bertemu dengan kakaknya, Jason menjadi lebih percaya diri untuk menyelesaikan teka teki misi ini. Mereka melanjutkan perjalanan ke istana Aeolus, namun Thalia terpaksa harus kembali ke kelompok pemburu Artemis dan berbagi tugas dengan Jason. Jason akan menyelamatkan ayah Piper, dan Thalia akan menyalamatkan Hera.
Istana Aeolus telah berhasil mereka capai, dan dewa yang satu ini cukup senang dengan roh badai yang dibawa kelompok Jason. Namun entah bagaimana tiba-tiba terdengar perintah untuk membunuh ketiga demigod ini. Sontak mereka kaget dan berusaha kabur dibantu oleh Mellie, aura musim panas yang bekerja sebagai asisten pribadi Aeolus. Tindakan kabur itu berhasil, meski tidak terlalu mulus. Mereka bertiga terlempar ratusan mil jauhnya akibat angin badai yang diutus Aeolus.
Dikisahkan, sebelumnya Porphyron telah pernah dikalahkan oleh gabungan dewa dan demigod. Untuk itu kedua pihak tersebut harus bersatu kembali untuk menaklukkan raja raksasa ini. Namun, dewa Olympus merasa malu meminta tolong kepada demigod karena seharusnya dewalah yang merasa dibutuhkan, bukan sebaliknya.
Dengan segenap sisa tenaga yang dimilikinya, Jason berhadapan dengan raja raksasa itu sementara Piper dan Leo berkutat dengan kurungan Hera.
Misi selesai, dan mereka kembali ke perkemahan. Thalia memutuskan berpisah dari kelompok mereka dan kembali ke pemburu Artemis. Hera kembali mendatangi Jason, menceritakan bahwa Jason diperlukan menjembatani jurang perbedaan, dengan pertukaran pemimpin dua ras demigod (Romawi dan Yunani yang tidak akur bahkan saling bunuh). Jason merupakan pemimpin dari 7 demigod yang akan bergabung mengalahkan Phorpyron.
Jason menceritakan hal ini ketika pertemuan besar diadakan diperkemahan. Ia menceritakan bahwa sebenarnya ditempat lain ada perkemahan blasteran seperti disini hanya saja dihuni oleh demigod Romawi, tempat ia berasal. Dengan kata lain, jika Jason tiba-tiba ada di perkemahan ini sebagai pertukaran pemimpin maka Percy Jakson ada di perkemahan Romawi, dalam kondisi lupa ingatan sama halnya seperti dirinya.

Kelebihan
Kelebihan yang saya temukan di novel serial “The Heroes of Olympus”, pengembangan tokoh yang lebih dalam dan gaya bahasa yang membuat pembaca harus teliti membuat para pembaca menjadi fokus dan berimajinasi sendiri didalam novel tersebut. Walaupun genre dari novel ini adalah mitologi dan fiksi tak lepas Rick sang pengarang memberikan humor yang membuat ceritannya lebih menarik untuk dibaca.

Kekurangan
Kekurangan yang saya temukan pada novel ini adalah gaya bahasa yang rumit dan harus dipahami menjadikan para pembaca yang baru mengenal sebuah cerita mitologi akan merasakan kesusahan untuk mengerti bagaimana alur cerita dari novel ini.

Kesimpulan

Kesimpulan, buku ini layak dibaca oleh para remaja dan seterusnya terutama bagi peconta mitologi yunani. Sebuah kisah baru yang cukup segar dengan gaya bahasa yang, membuat para pembaca ingin terus membaca dan tidak sabar untuk menyelesaikannya serta menunggu bangaimana kelanjutan novel dikarenakan Rick Riordian selalu membuat ending yang menegangkan sehingga membuat para penggemarnya tidak sabar untuk menunggu lanjutan dari novel sebelumnya. Bagi para pembaca yang baru membaca novel the lost hero yang merupakan karya baru dari Rick ada baiknya kalian membaca novel sebellumnya agar mengerti bagaimana jalan cerita yang ada didalam novel ini karena novel Rick selalu berkaitan satu dengan yang lainnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar