4/29/2015

Pengalaman Berkelompok atau Berorganisasi




Setiap orang mempunyai pengalaman organisasi sendiri. Dengan kita mengikuti organisasi kita belajar menghargai pendapat orang lain, memahami dan menghargai sifat orang lain, belajar mengemukakan pendapat, belajar untuk menjadi dewasa, berjiwa kepemimpinan, mendapat wawasan, menambah pengalaman, belajar mandiri dan masih banyak lagi hal positif yang didapat dalam organisasi. Waktu saya SMA banyak sekali organisasi yang ada disekolah, saya memberi contoh organisasi yang saya pernah ikuti, yaitu Acoustic.
            Pengalaman saya ialah mengikuti organisasi Acoustic. Di organisasi tersebut kegiatan saya bisa dibilang cukup aktif. Peran saya dalam organisasi tersebut sebagai Sekretaris. Acoustic setiap tahun selalu mengadakan event contohnya waktu itu saat bencana gunung kelud, kita mengadakan charity music event yang bertema PRAY FOR INDONESIA. Disana kita selain mengadakan perlombaan antar band juga membuat stiker dan souvenir untuk dijual yang hasilnya nanti akan di sumbangkan ke korban bencana gunung kelud. Saya sebagai sekretaris yang bertugas untuk membuat proposal yang akan diberikan kepada pihak-pihak yang akan berkerja sama (sponsor). Saat itu dana yang didapat dari sponsor masih belum mencukupi, dan saya memberikan saran untuk melakukan baksos (bakti sosial) dan karena kita adalah organisasi yang bergerak dibidang musik, jadi kita melakukannya dengan cara mengamen di jalan-jalan. Saat melakukan bakti sosial, banyak orang-orang yang memberikan uang lebih dikarenakan kita membawa nama sekolah dan memberi alasan kita mengamen yaitu untuk mengurangi kendala biaya yang dibutuhkan. Fungsi baksos dijalanan ini selain mencari biaya juga sebagai wadah kita untuk mempromosikan event yang kita buat. Dan saat event berlangsung, antusias dari masyarakat khususnya golongan anak muda ikut serta dalam event ini.

Belajar berorganisasi tidak bisa dipelajari hanya dengan membaca ataupun teori, tetapi dengan cara berpengalaman berinteraksi langsung didalam organisasi itu. Organisasi dapat menambang wawasan pengetahuan yang tidak didapatkan dipelajaran sekolah dan didunia kerja pun kita harus pandai bekerja dalam tim, maka dari itu pengalaman berorganisasi sangat dibutuhkan apa lagi saat didunia kerja. Sedikit pengalaman saya yang dapat saya tulis disini semoga dapat bermanfaat dan dapat menginspirasi bagi kita semua.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar